Iklan

Sunday, August 23, 2009

Phisycology orang ke Vihara

Mengapa orang datang ke Vihara

Namo tassa bhagavato arahato sammasambuddhassa.

Terpujilah sang bhagava,yang Mahasuci,Yang telah Mencapai penerangan Sempurna.

(tiga kali)

Perkembangan jaman kejaman dapat berkembang di setiap saat dari kehidupan demi kehidupan setiap manusia,akan tetapi dari diri sendiri yang terutama untuk niat hati datang ke Vihara yang tentunya di dorong oleh nurani hati yang dalam berserta dengan keprihatin pada diri dari ingin berbuat baik dikalah situasi dimana lingkungan kehidupan sesama manusia terdapat kejenuan baik sandang dan pangan dari kehidupan antar sesama manusia baik dari yang sudah melebihi dari apa yang diinginkan,sehingga hidup ini tidak cukup kemudian untuk mencukupi kehidupan ini dengan sempurna tentunya mendekati maha pencipta dari selulu kehidupan manusia dan makhluk hidup yang tentunya datang ke vihara.

Datang ke Vihara sangat banyak alasanya baik alasan negatip baik alasan positip yang dapat kita ketemukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai umat manusia tentunya yang tidak luput dari masalah-masalah yang timbul dimana manusia hidup berdampingan dengan sesamanya baik di lingkungan dimana berada,kemudian muncul kehidupan baru dari kehidupannya,seperti dengan orang yang datang ke vihara sangat banyak masalahnya tentunya yaitu mintak perlindungan dari maha penciptanya tentunya Tuhan yang Maha Esa yang disini kalau Ajaran shang Buddha sebagai guru jujungan kita.

Berawal dari orang itu sendiri dimana mendapati suatu masalah baik yang baik dan baik yang buruk,sehingga dapat kita lihat setiap orang yang datang ke Vihara tentunya di liputi berbagai masalah yang timbul didalam kehidupan sehari-hari dimana di berada baik lingkungan dia berada,akan tetapi masalah yang timbul tentunya tidak sama dengan masalah setiap manusia dengan manusia lainnya. Tetapi dari setiap pengamatan dan pengalaman dari setiap kehidupan manusia bahwa manusia atau umat yang datang ke vihara lebih banyak di hadapi dengan masalah yang ada dengan bermacam-macam masalah yang,tentunya ada masalah yang ringan dan masalah yang berat kalau masalah yang ringan mungkin sekedar berdoa dan minta perlindungan dan mungkin kehidupan sebelumnya agak lebih baik lagi dari kehidupan sebelumnya dan mungkin ruang waktu yang dari kehidupanya banyak waktu untuk ke vihara jadi bisa Bantu bakti social untuk menolong sesama dalam kegiatan Vihara.

Cerita kehidupan umat Buddha tentunya sangat banyak sekali kalau bertanyak tentang mengapa orang datang ke Vihara,akan tetapi kalau orang datang ke Vihara yaitu : berdoa dan memintak perlindungan dari keselamatan,perlindungan dari kebahagian,perlindungana dari kesehatan,perlindungan dari panjang umur,terhindari dari malapetaka dan penyakit dan sebagainya.sedangkan ada yang datang ke vihara cuman sekedar untuk mehilangkan strees yang timbul dari akibat persaingan hidup yang berkepanjangan baik dari keluarga baik dari luar keluarga sampai dengan masyarakat hidup berdampingan sesamanya,kemudian ada lagi orang yang datang ke vihara dengan masalah yang berat tentunya ingin bertobat dan berbuat baik untuk dirinya sendiri dan orang lain,sehingga banyak membantu berbuat amal kebajikan dan menolong sesama manusia,kemudian dilihat baik orang tua,baik remaja kalau datang ke vihara tentunya berdoa supaya kehidupannya dapat berjalan dengan baik dari sebelumnya dan berbuat baik untuk menolong sesama manusia dan dan yang berlebihan dari harta yang ditimbun mungkin bisa berbuat baik dengan berdana baik materil dan non materil,tentunya sumbangan dan berdana makanan kepada bhikkhu shang.

Dari Ajaran Shang Buddha supaya kita menjalankan sila,samdhi dan Panna yang berarti disini dengan supaya menjaga kehidupan kita terhindar dari perbuatan yang salah yang mengakibatkan kita derita dan sengsara dari kehidupan kita sehari-hari,seperti dengan lima sila dari pancasila yang berbunyi :

Panatipata veramani sikkhapadam samadiyami

Adinnadana veramani sikkhapadam samdiyami

Kamesu micchacara veramani sikkhapadam samadiyami

Musavada veramani sikkhapadam samadiyami

Sura-meraya-majja- veramani sikkhapadam samadiyami

Artinya :

Aku bertekad melati diri menghindari pembunuhan makhluk hidup

Aku bertekat melati diri menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan.

Aku bertekat melati diri menghindari pebuatan asusila.

Aku bertekat melati diri menghindari ucapan berbohong

Aku bertekat melati diri menghindari minuman memabukkan hasil penyulingan atau peragian yang menyebabkan lemahnya kesadaran.

Jadi disini ajaran shang Buddha mangajari kita untuk melatih diri dari perbuatan-perbuatan yang melangar ketentuan hidup sesama manusia yang tentunya berasal dari dalam kehidupan kita didalam berkeluarga sampai dengan kehidupan kita untuk bermasyarakat,yang tentunya supaya kita tidak berbuat jahat dalam keluarga kita dan masyarakat .sehingga kembali untuk kita supaya terhindar dari perbuatan-perbuatan yang melanggar ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku di setiap Negara dimana kita hidup,karena setiap umat berumah tangga tentunya dapat kita jumpai dengan masalah pertikaian antara saudarah akibat dari tentunya pertikain dari harta benda yang ditimbun dari keluargga masing-masing,seperti harta benda yang ditimbun dari orang tua,kemudian harta benda yang di timbun sanak keluargganya mungkin dari anak-anaknya,kakak,abang,adik,dan sampai pamili yang saling mempertahankan kehidupan demi kehidupan yang sering terjadinya pertikaian antara sesamanya yang akhirnya akan mengakibatkan tejadinya berbagai masalah yang kecil dan masalah yang besar.

Akan tetapi tentunya kalau supaya terhindar dari masalah yang sampai terjadinnya pembunuhan,pencurian,asusila,berbohong,sampai dengan bermabuk-mabukan lemahnya kesadaran yang akhirnya akan derita dari kehidupanya disini setiap manusia apa saja tidak mau derita dan sengsara akibat dari perbuatannya sendiri,maka orang yang datang ke vihara supaya berdoa terhindar dari perbutan-perbuatan jahat itu dari setiap masalah yang timbul dari akibat pengaru-pengaru buruk dan jahat dari setiap sisi kehidupan kita dimana berada baik lingkungan dimana kita berada.

Demikian kalau melihat orang atau umat yang datang ke vihara dapat dilihat dengan bermacam-macam sifat,moral,etika yang ada baik orang miskin baik orang kaya sampai dengan baik orang jahat,baik orang baik dapat dilihat dengan bermacam-macam masalah yang timbul akibat dari kehidupan dimana lingkungan berada.jadi orang atau umat yang datang ke vihara adalah orang yang sadar akan kehidupannya dari hasil perbuatan-perbuatan sehari-hari dari kehidupan supaya lebih dekat kepada maha penciptanya yaitu :Tuhan Yang Maha Esa yang umat Buddah kepada Sang Hyang Adi Buddhaya,supaya datang ke vihara dan berdoa supaya terlindunginya kehidupannya sendiri dan keluargganya dari berbagai masalah yang jahat dan derita tidak bahagia dari kehidupannya,sehingga dengan berbuat baik dan berdoa,berdana maka kehidupannya akan tenang dan bahagia dan tidak derita .kemudian semoga cita-citanya tercapai terhindar dari malapetaka dan bencana baik penyakit dan sebagainya.